Wednesday, January 04, 2006

::::::::::::::++UNGU MELAYANG++::::::::::::::


Pembuktian diri. Dan itulah yang kini cuba dilakukan oleh UNGU. Berhasil? Tergantung dari mana anda melihatnya. Dari sisi musikalitas, mereka "jauh" lebih baik dibanding album-album sebelumnya.

Album baru UNGU yang bertajuk MELAYANG ini memang berbeza dibanding album mereka sebelumnya. Baik dari sisi lirik, mahupun susunan musiknya. Dari sisi lirik, memang masih bicara soal cinta tapi perhatikan, mereka kini berani memainkan karakter musiknya lebih berat dan kasar ala rock-rock underground. Apakah ini yang mereka sebut-sebut sudah melewati masa "disolasi" (kegelapan -red). Mungkin saja. Tapi ini berbeza dengan susunan musiknya.

Single pertama yang dibuat klipnya adalah Demi Waktu. Klipnya kelihatan sederhana, tapi terlihat kalau UNGU memang sedang berbung-bunga cinta. Lagu ini sebenarnya "sedikit berubah" tapi tak beranjak jauh dari sukses lagu Mellow di album sebelumnya. Di lagu ini, kita masih belum menemukan sesuatu yang berbeda.

Tapi perhatikan lagu Melayang. Lagu dengan tempo up-beat ini mahunya menjadi lagu rock. Distorsi gitar dengan permainan dram dari Rowman, membuat lagu ini kuat secara performance. Sayang, karakter suara pasha memang tidak 'ngerock' jadi tetap saja yang dominan warna pop-nya.

Yang patut jadi perhatian, pembahagian bunyi gitar kali ini ini lebih seimbang. Permainan Onci yang lebih rock tapi halus dan Enda yang rock tapi kasar, kali ini bisa memecah dengan labih baik. Di album-album sebelumnya, Enda lebih dominan. Perhatikan di lagu berjudul UNGU. Suara Pasha bisa membuat lagu ini seperti menelaah perjalanan band yang sempat diisukan agak goyang ini.

Satu catatan soal lagu UNGU. Pilihan soundnya lebih berkarakter rock yang mulai kencang. Apakah mungkin karena Krisna Sadrach yang menjadi produser?

Single yang dikatakan masterpiece adalah lagu Dari Satu Hati. Dibuat dalam versi string version, lagu ini ke depannya pantas menjadi single unggulan. Tipikal lagunya yang lembut dan gampang dicerna jadi kekuatan lagu yang sebenarnya biasa-biasa saja ini.

Ada 12 lagu yang esay listening. Pilihan memang banyak, tapi yang paling penting, UNGU mulai membuktikan dirinya sebagai musisi tahan uji. Kalau mereka sukses kali ini, bolehlah dapat acungan jempol, meski masih satu jempol.

www.tembang.com

0 comments: